Jumat, 22 Agustus 2008

Mars Terlihat Sebesar Bulan pada 27 Agustus 2007?

Jakarta - Mars akan terlihat sebesar bulan dari bumi pada 27 Agustus 2007. Bisakah fenomena alam itu terjadi?

Pernyataan tersebut beredar dari milis ke milis. Namun, tidak seluruhnya isi milis itu benar.

Isi lengkap milis tersebut seperti berikut:

Jangan sampai terlewatkan kesempatan langka yang hanya terjadi dalam 280 tahun sekali saja!!! Seluruh dunia menantikan planet Bumi kita mempunyai 2 bulan pada 27 Agustus 2007 nanti.

Planet Mars akan terlihat sangat terang di langit mulai awal Agustus. Planet Mars akan terlihat sebesar bulan planet Bumi kita dengan mata telanjang saja.

Dan puncaknya akan terlihat seperti bulan purnama (full moon) pada 27 Agustus jam 00.30 malam Senin pagi dini hari, saat jarak Mars dengan Bumi kita hanya sekitar 34.65M miles. Jangan sampai terlewatkan untuk 'menatap' langit yang akan seperti memiliki 2 bulan, karena jarak terdekat seperti itu hanya akan terjadi lagi di tahun 2287 yang akan datang
.

Namun saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (24/8/2007), astronom observatorium Boscha Lembang Dr Dani Herdi Wijaya tidak membenarkan hal tersebut. "Isi milis itu bohong. Ada yang tidak benar," katanya.

Tiap tahun, lanjut Dani, memang suka beredar isu-isu seperti itu melalui milis. Namun, informasi yang tidak benar dalam isu itu harus diluruskan.

Jarak Bumi-Mars, imbuh Dani, berkisar 5-6 juta kilometer, lebih jauh dibandingkan dengan jarak Bumi-Bulan yang hanya 400 ribu kilometer. "Dengan jarak seperti itu, tidak mungkin Mars terlihat sebesar bulan," ujar Dani.

Hal tersebut juga tidak dimungkinkan, sekalipun jarak Mars memasuki periode jarak terpendek orbit dengan Bumi, sekitar kurang dari 5 juta kilometer. "Bumi-Mars mempunyai orbit berdekatan, periodenya 5 tahunan," kata dosen astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.
(nwk/sss)

sumber : detik.com